Senin, 19 Desember 2011

Bumi kita dilapisi berbagai campuran gas yang memungkinkan manusia, tumbuhan dan hewan untuk dapat hidup di permukaannya. Atmosfir ini berperan dalam menjaga kesetimbangan panas dari bumi. Atmosfir menyerap radiasi matahari yang dipancarkan kembali oleh bumi. Maka dari itu atmosfir memiliki stabilitas panas yang penting dan mencegah suhu ekstrim seperti yang terjadi pada bulan dan planet yang tidak mempunyai atmosfir. Jadi dengan adanya  atmosfir, suhu di bumi tetap konstan. Itu kalau atmosfir kita bersih. Kalau atmosfir kita tercemaar bagaimana ya ?

Bila udara di atmosfir tercemar, Adanya peningkatan CO2 maka suhu dibumi akan panas. CO2 dalam atmosfir transparan bagi energi gelombang pendek matahari, tetapi cenderung menghalangi energi panas gelombang panjang yang dipantulkan keluar dari bumi. Jadi kenaikan CO2 di atmosfir, akan menahan panas lebih banyak di atmosfir yang dekat dengan bumi atau di troposfir. Akibatnya akan menaikkan suhu rata-rata bumi. 

Kecenderungan bumi semakin panas terjadi selama pertumbuhan industri dan kendaraan bermotor akan mengakibatkan peningkatan  CO2 dalam atmosfir bumi. Karena COmempunyai efek isolasi dikawatirkan akan adanya peningkatan suhu atmosfir yang menyeluruh. Jika kenaikan suhu berlangsung terus dikawatirkan lapisan es atau sebagian es dikutub akan mencair. Akibatnya permukaan laut akan naik dan daratan akan menjadi sempit. 

Pada kondisi tertentu , keadaan sebaliknya akan terjadi. Penguapan air laut akan bertambah sehingga banyak awan bersama partikel-partikel atmosfir dapat membaurkan sinar matahari. Akibatnya suhu dibumi akan turun. Bahkan bila asap dan debu yang dilontarkan ke udara setiap hari dapat pula mengakibatkan sebaliknya yaitu menurunkan suhu di dunia akibat sinar matahari yang terhalang. Hal ini masih merupakan hipotesis para ahli.

Banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi sebagai bagian dari krisis pencemaran dunia karena kekeliruan kita mengelola lingkungan. Kita telah meracuni udara,air dan tanah dengan zat pencemar. Akibatnya akan memberi pengaruh yang besar terhadap keseimbangan alam  dibumi, sehingga dapat mengakibatkan bencana bagi umat manusia.

Nah, sudah sepatutnya kita turut menjaga lingkungan agar terhindar dari polusi. Lalu tindakan apa yang harus dilakukan  ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar