Sabtu, 16 Mei 2015

Prakarya dan Kewirausahaan

PEMANFAATAN LIMBAH PERCA 
(Aplikasi Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Batanghari)

Kata limbah sudah tidak asing lagi dalam kehidupan manusia sehari-hari. Limbah merupakan buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik suatu industri maupun rumahtangga. Limbah ada bermacam-macam, ada limbah padat, cair ada juga limbah beracun yang dapat membahayakan lingkungan sekitarnya. Banyak yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan limbah menjadi benda atau barang yang berguna dan bernilai jual. 
Salah satu limbah padat yang dapat dimanfaatkan adalah kain perca. Perca dapat dijadikan usaha sebagai bisnis atau home industry dengan bermodalkan ide dan kreatifitas.
Pada pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X terdapat materi kerajinan Limbah Tekstil. Salah satu limbah tekstil yang dipilih untuk dimanfaatkan menjadi produk kerajinan adalah kain perca. Hal ini karena perca merupakan limbah yang banyak terdapat disekitar lingkungan siswa, selain itu selama ini perca dianggap tidak berguna dan seringkali dibuang atau dibakar. Padahal potongan kain perca yang sudah tidak terpakai dapat dimanfaatkan untuk tas kain, tatakan gelas, sprei, sarung bantal, isi bantal, boneka atau kerajinan tangan lainnya yang memiliki nilai ekonomi.
Adapun kegiatan yang dilakukan oleh siswa dalam materi ini antara lain;

  1. Melakukan identifikasi desain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah perca
  2. Mendesain sendiri produk yang akan dibuatnya
  3. Mengidentifikasi berbagai sumberdaya yang dibutuhkan dalam usaha pemanfaatan limbah ini menjadi produk kerajinan
  4. Melakukan proses produksi dan pengemasan hasil produksi.










Setelah  melakukan tahap praproduksi dan produksi pemanfaatan limbah perca ini, siswa diharapkan mampu memanfaatkan dan mengembangkan limbah perca ini menjadi suatu barang yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dengan jiwa wirausaha. Seseorang yang berjiwa wirausaha harus mampu lebih produktif dan pantang menyerah sehingga dapat memberikan manfaat bagi dirinya dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar